Jika anda mulai merancang dan menentukan gaya arsitektur dari suatu bangunan/rumah, selain referensi personal pemilik dan juga kondisi lingkungan sekitar, faktor lain yang kerap menjadi pertimbangan adalah tren arsitektur yang modern.

Hal-hal berikut ini mengenai tren arsitektur Sesuai berkembangnya teknologi dan gaya arsitektur populer.

  1. Tren Arsitektur AllBlack mulai dilirik

Berbicara hal mengenai tren arsitektur seperti fakor warna. Pengaplikasian warna sangat dianggap estetis pada desain rumah akan selalu berganti dan mengikuti trend arsitektur .

Untuk tren warna yang mencolok sudah mencuri perhatian beberapa tahun belakangan ini adalah gaya arsitektur yang mengaplikasikan warna full dark atau didominasi warna Hitam gelap. Warna hitam sering dianggap nggak lazim ini justru memberikan kesan elegan sekaligus trendi pada Ruangan. Warna hitam pekat membantu arsitektur untuk menonjolkan dan memberikan Karakter yang kuat.

2. Konsep Back to Nature dan Arsitektur Hijau

Meski tidak termasuk tren arsitektur yang paling terbaru, konsep arsitektur yang menyatu dengan alam kembali mencuri perhatian dan banyak diminati.

Pemanfaatan material yang ramah lingkungan hingga menggunakan sumber daya alam yang di padukan akan menjadi semakin banyak diaplikasikan pada rumah-rumah.

Pengaplikasian sederhana contohnya membuat roof garden, taman vertikal hingga solar panel adalah beberapa dampak merebaknya tren arsitektur saat ini. Banyak yang mengira bahwa ide arsitektur back to nature bisa memberikan solusi berbagai masalah lingkungan hidup. Tidak hanya itu, konsep “hijau” pada desain rumah akan membantu rumah menjadi lebih nyaman untuk ditempati, sehingga mengikuti tren arsitektur satu ini tidak ada salahnya.

3.  Arsitektur Tematik

Memahami dari berbagai tren arsitektur diatas, beberapa hal yang dapat ditarik menjadi kesimpulan adalah mulai tolak ukur para arsitek mengaplikasikan tren arsitektur dari sebuah rumah hunian.

Salah satu hal yang tercermin dari tren arsitektur satu ini yaitu arsitektur tematik. Maksud dari arsitektur tematik adalah pengaplikasian sebuah tema secara penuh pada rancangan arsitektur.

Misal dari pengaplikasian arsitektur tematik adalah rancangan arsitektur rumah piano dengan totalitas bentuk, rumah aat dengan implementasi elemen-elemen arsitektur Jawa secara eksplisit. Tidak sekedar gaya modern dan futuristik, arsitektur tematik ini juga dapat diterapkan dengan konsep vernakular atau tradisional.

4.  Arsitektur modern dan minimalis masih menjadi pilihan aman

Gaya arsitektur modern dan minimalis masih menjadi pilihan diminati karena sangat populer. Warna-warna gelap yang dikombinasikan dengan warna kontras, hingga minim elemen dekoratif merupakan trending arsitektur modern minimalis yang sudah lama banyak digunakan oleh orang-orang.

pembuatannya yang lebih sederhana, mudah, dan minim budget menjadikan gaya arsitektur ini jadi pilihan terfavorit yang istimewa. jangan heran jika popularitas gaya arsitektur rumah minimalis masih akan meramaikan tren arsitektur paling tidak selama satu dekade ke depan.

Bagi anda yang membutuhkan jasa desain arsitektur yang sudah terbukti pengalamannya, silahkan serahkan kepada Sannur Arsitek. Info lebih lanjut silahkan hubungi kami.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *